Richard Dawkins: “Sungai Taman Firdaus”

Apakah Anda percaya seluruh makhluk hidup berasal dari leluhur tunggal? Suatu konsep yang berarti bahwa semua jenis makhluk hidup, mulai dari bakteri bersel satu hingga homo sapiens alias manusia, adalah bersaudara. Konsep ini dipercaya Darwin dan para pengikutnya bahwa dari sudut pandang molekuler semua hewan merupakan kerabat yang cukup dekat.

Buku berjudul asli River Out of Eden; A Darwinian View of Life, yang terjemahannya renyah dibaca ini, ingin menjelaskan bahwa semua jenis makhluk hidup mampu menggunakan materi di sekitarnya untuk membuat salinan yang persis sama dengan dirinya, termasuk salinan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa terjadi dalam proses penyalinan.

Yang terjadi kemudian, menurut penulis buku ini, adalah seleksi Darwinan (Darwinian selection) dan sedikit asumsi. Tetapi teori Darwin tidak hanya memiliki kemampuan yang sangat hebat untuk menjelaskan. Bahwa penjelasan itu dilakukan secara bersahaja, benar-benar mencerminkan keanggunan yang perkasa, suatu keindahan puitis yang melebihi dongeng-dongeng penciptaan paling memukau sekalipun.

Sang penulis buku, Richard Dawkins, adalah seorang ilmuwan dari Universitas Oxford pengikut setia teori Darwin. Dalam setiap bukunya ia selalu mencoba menguraikan dan menjajaki kekuatan teori Darwin, salah satunya adalah konsep di atas. Pembaca buku ini dihadapkan pada pemaparan yang cukup menarik tentang bagaimana suatu gen diturunkan dari generasi ke generasi.

Bagaimana gen-gen itu bukan saja saling bekerja sama, tapi juga saling bersaing secara sehat untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerusnya. Makhluk hidup yang mampu bertahan hidup adalah yang serba unggul. Makhluk yang sukses menjadi leluhur. Semua itu tak lepas dari peran lingkungan yang turut memengaruhi, apakah suatu gen dapat terus bertahan atau tidak.

Kondisi buku: seperti baru

sungai-dari-firdausDapat dibeli di http://www.bukukuini.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: