Pin Yathay: “Pertahankan Hidupmu Anakku”

pertahankan-hidupmuNonton Sophie’s Choice? Ini film tua (1982) Alan J Pakula yang memasang Meryl Streep sebagai perempuan yang lolos dari kekejaman kamp konsentrasi Jerman ala Hitler, tapi selalu dihantui perasaan bersalah mengapa ia bisa lolos sementara anaknya terpisah darinya dan hilang.

Kembali perasaan seperti itu diungkap kali ini oleh Pin Yathay dalam Pertahankan Hidupmu Anakku (Kepustakaan Populer Gramedia, 2007). Hanya saja Yathay bercerita tentang pengalamannya sendiri dan keluarganya di tengah hirukpikuk mimpi Khmer Merah di Kambodia.

Selain itu, beda dengan Pakula yang menggeber rasa bersalah itu habis-habisan, Yathay justru berusaha keras menyembunyikannya dengan berbagai gambaran kekejaman dan kebodohan Khmer Merah yang sudah banyak ditulis oleh banyak orang. Dan yang paling dahsyat adalah ini:

“Orang bilang bahwa pengorbanan teragung seorang ibu adalah mati bersama anaknya. Keliru – bila kematian sudah tak terelakkan, pengorbanan teragung seorang ibu adalah meninggalkan anaknya, bila hal itu memberi kesempatan untuk memperpanjang hidup anaknya itu” (hal 234).

Padahal Yathay dan isterinya tahu, rumah sakit – dimana anaknya (Nawath) yang tengah sakit ditinggalkan – adalah tempat orang sakit yang dibiarkan untuk mati. Pertemuannya di rumah sakit itu dengan perempuan yang bersedia merawat Nawath – gara-gara Nawath mirip anak perempuan itu — tetap saja tak mengubah pengertiannya tentang rumah sakit. “Rumah sakit, tempat orang masuk hanya untuk mati”, katanya (hal 235).

Dan barangkali inilah drama besar itu. Sekalipun praktis Yathay hanya menuturkannya tak lebih dari 4 hal (dari 364 hal buku), keputusannya untuk meninggalkan Nawath terus menghantuinya. Bahkan mungkin menyiksanya sampai detik ini. Hanya Yathay yang tahu. Dan untuk yang satu ini, ia rupanya tak ingin berbagi dengan pembaca.

Penerbit                                                      : Kepustakaan Populer Gramedia
Tanggal penerbitan                                     : Mei 2007
Sampul                                                       : Soft cover
Tebal buku                                                 : 366 hlm
Dimensi                                                      :13,5 X 20 cm
Kondisi buku                                              : bekas, baik sekali

Buku ini dapat dibeli di bukukuini.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: