Negara mana yang akan diperhatikan Obama di luar AS?

Saat penentuan bagi kedua petarung kursi kepresidenan Amerika Serikat sudah dekat. Dalam hitungan jam para pemilih di negeri Paman Sam akan menegaskan (konfirmasi) pilihannya. Dan sudah menjadi semacam kesepakatan bahwa Obama-lah yang akan memenangkan pertarungan ini. Hanya suatu keajaiban yang bisa membalikkan keadaan.

Persaingan antara McCain dan Obama bukan saja menjadi berita hangat di negara yang akan mengalami pergantian presiden ini. Hampir seluruh dunia mengikutinya. Fans Obama di luar negeri juga sudah siap-siap untuk merayakan kemenangan ini. Di Jepang misalnya banner Obama berkibar di pinggir jalan tempat perbelanjaan kota Obama. Di Jerman, Obama di sebut sebagai JFK hitam dan banyak bar yang mempersiapkan pesta semalam suntuk untuk merayakan kemenangan ini.

Berdasarkan polling yang diselenggarakan oleh detik.com suara yang diperoleh Obama adalah 93.05 dan McCain adalah 6.95. Tetunya kemenangan Obama tidak akan sebesar ini. Tapi sekurang-kurangnya angka tersebut menunjukkan harapan sekelompok orang di Indonesia kepada Obama. Mereka mengharapkan bahwa dengan kemenangan Obama maka perhatian Amerika Serikat terhadap Indonesia lebih besar dan lebih menguntungkan.

Tentunya harapan ini bukan tanpa dasar. Bukankah pada masa kecilnya Obama pernah tinggal di Indonesia? Dia bahkan bersekolah di salah satu sekolah negeri di daerah Menteng Jakarta Pusat. Banyak bekas teman sekelasnya yang secara sukarela meberikan kesaksian. Guru-guru, bahkan satpam sekolah ini sudah diwawancarai.

Obama sendiri dalam dua bukunya menyinggung juga pengalamannya tinggal di Indonesia dan duduk di sekolah dasar kita selama empat tahun. Dia masuk sekolah lokal bukanlah karena kecintaannya terhadap Indonesia besar sekali. Tetapi pada waktu itu ibunya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat kawin dengan orang Indonesia yang bernama Lolo Soetoro. Dan kemampuan ekonomi keluarga ini terbatas sehingga Obama tidak dapat menikmati fasilitas pendidikan bagi orang asing di negara kita.

Kenya adalah negara negara lain yang mempunyai pertalian erat dengan Obama. Ayah kandungnya berasal dari kota Kogelo di Kenya. Negara ini telah siap untuk menyambut meriah kemenangan Obama yang mereka juluki “anak dari tanah ini”.Maka di Kogelo, kota kelahiran ayah kandungnya kamera-kamera televisi sudah disiapkan, mengambil pemandangan setempat, bahkan meliput polisi ketika polisi memasang penghalang di jalan yang menuju rumah ayahnya.

“Semua orang di Kenya sangat senang dan bergairah menantikan perayaan setelah pengumuman penting ini,” kata Malik Obama salah seorang saudara tiri calon presiden Amerika Serikat ini. Gambar Obama dipajang di bis dan baju kaus yang dijual laris karena memanfaatkan momentum ini.

Namun kita masih perlu menunggu apakah pada masa pemerintahan Obama perhatian Amerika Serikat tidak lagi berpusat di Timur tengah. Sementara itu kita hanya perlu mengingat bahwa dalam percaturan politik internasional ada pegangan utama. Kawan dan lawan dapat berganti tetapi kepentingan nasional selalu sama (tetap).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: