Presiden Sarkozy dan guna-guna (voodoo)

Presiden Perancis Sarkozy, benar-benar dipermainkan oleh rakyat negaranya sendiri, dan dapat dibayangkan bagaimana gondoknya dia.  Boneka guna-guna Sarkozy telah dijual sejak tanggal 9 Oktober dan ketika Presiden ini mencoba untuk melarangnya, malah menjadikannya barang pemujaan yang paling laris. Dia  diolok-olok oleh para pengeritiknya ketika naik banding atas putusan pengadilan yang membolehkan penjualan boneka ini.

Boneka tersebut dijual berikut 12 jarum dan lembaran petunjuk mengenai cara untuk mengutuk Sarkozy. Ditubuh boneka yang berwarna biru muda itu tertera beberapa ucapannya yang sering dikutip demikian juga ledekan terhadapnya. Dan semuanya siap untuk ditusuk dengan jarum tersebut.

Salah satunya adalah slogan pemilihan umum yang terkenal ” Bekerja lebih giat untuk memperoleh lebih banyak”. Tapi ada juga yang berbunyi “Pergi lu, tolol” menggambarkan betapa dia diremehkan oleh seseorang yang menolak berjabatan dengannya ketika bersua dalam suatu perayaan pertanian.

“Anda membenci Sarkozy karena dia terlalu condong ke kanan?” ” Anda membencinya karena dia kurang menjamin hak?” demikianlah pertanyaan pada bungkus boneka tersebut. Hanya dengan  Rp 170 ribu Anda dapat mencegah mata orang jahat dan menghentikan kerugian lebih besar akibat Sarkozy.

Pengacara Presiden Sarkozy, Thierry Herzog, telah mengajukan dikeluarkannya larangan. Alasannya presesiden berhak atas perlindungan citranya dan dia tidak pernah menyetujui boneka tersebut. Tapi pengadilan di Paris menolak permohonan tersebut dan berpendapat bahwa boneka tersebut dilindungi oleh “hak humor”.

“Karikatur dan sindiran walaupun sangat provokatif dan kasar dilindungi oleh kebebasan berekspresi” demikianlah dinyatakan secara tertulis oleh 3 hakim yang memutuskan perkara ini hari Rabu yang baru lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: