Debut sebagai penulis novel dalam usia 93 tahun

Sebuah novel seru yang menceritakan tokoh wanita pemberani,  telah mengubah kehidupan seorang nenek berusia 93 tahun dan tiga orang kawannya yang tinggal di suatu panti jompo.

Secara kebetulan menantu perempuannya menemukan naskah si nenek dan karena kagumnya mendesak agar diterbitkan. Maka Leorna Page-pun menjadi salah seorang pemegang rekor penulis pemula tertua dan tentunya mendapatkan dampak sosial yang luar biasa.

Tiba-tiba datanglah kesejahteraan berkat uang muka dan hasil penjualan A Dangerous Weakness. Pokok ceritanya adalah mengenai seorang feminis dan lokasinya adalah pegunungan Alpen.

Segera penulis ini  mengganti apartemen 1 kamarnya di Surrey (Inggris) dengan sebuah rumah terpisah bergaya country yang besar. Dia juga mengundang teman-teman sebayanya untuk juga ikut pindah ke rumahnya yang baru ini.

“Panti jompo adalah tempat yang sangat menyedihkan. Di sana kerja kamu hanya duduk seharian sambil melihat ke luar jendela. Tidak ada teman untuk diajak bicara,” kata wanita tua ini.

Ditambahkan olehnya bahwa amatlah manis jika kita dapat memberikan kehidupan rumah dan keluarga kepada satu atau dua orang yang terkungkung dalam kehidupan panti jompo. Kesenangan ini sifatnya timbal balik, manfaatnya bagi saya,  mendapatkan teman dekat yang memang perlu bagi orang berumur. Dengan bertambahnya buku yang terjual bertambah pula  orang yang dapat diundang untuk pindah ke rumahnya.

Dia menulis A Dangerous Weakness tiga tahun yang lalu tapi menyimpan naskah tersebut di kopernya dan tidak pernah berusaha untuk mendapatkan seorang  penerbit. Kemudian menantu perempuannya menjumpai tulisan wanita ini dan berkata … “ini fantastik dan mudah untuk dijual.”

Page yang pada masa Perang Dunia Kedua mengajar kode morse kepada Air Training Corps, sekarang sedang mengerjakan sekumpulan cerita pendek bersambung.

The Guardian August 11,2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: