Pemenang hadiah Nobel, Alexander Solzhenitsyn, meninggal

Menurut kantor berita Interfax, penulis pembangkang Uni Soviet yang juga pemenang hadiah Nobel, Alexander Solzhenitsyn, telah meninggal dalam usia 89 tahun. Dikemukakan bahwa sebab kematian adalah stroke (menurut anaknya penyebabnya adalah gagal jantung). 

Sejak beberapa tahun terakhir memang kesehatan pengarang ini buruk, kabarnya dia menderita tekanan darah tinggi.

Solzhenitsyn pernah berdinas di Tentara Merah pada waktu Perang Dunia Kedua, tapi menjadi pembangkang terkemuka pada masa Uni Soviet sehingga dia dimasukkan ke kamp kerja paksa oleh rezim komunis yang berkuasa.

Pengalamannya yang berkaitan dengan jaringan kamp kerja paksa secara gamblang dilukiskan dalam karyanya “Satu hari dalam kehidupan Ivan Denisovich”. Dia dikagumi secara internasional atas karya-karyanya, termasuk “Lingkaran pertama” dan “Bangsal Kanker” dan pada tahun 1970 memenangkan Hadiah Nobel di bidang sastra.

Dia dicabut kewarganegaraannya dan diasingkan pada tahun 1974 setelah diterbitkannya “Kepulauan Gulag” tulisan sejarahnya yang monumental mengenai negara kepolisian Uni Soviet. Kemudian dia pindah ke Amerika Serikat dan kembali ke Rusia sebagai pahlawan pada tahun 1994.

Dia dilahirkan pada tanggal 11 Desember 1918, belajar fisika dan matematika di Universitas Rostov dan menjadi  perwira tentara Soviet setelah invasi Hitler tahun 1941.

Solzhenitsyn

Solzhenitsyn

Satu Tanggapan to “Pemenang hadiah Nobel, Alexander Solzhenitsyn, meninggal”

  1. andreas Says:

    kawan, berdasarkan penelusuran yang saya lakukan terdapat 68 buku terjemahan Indonesia karya 20 orang pemenang hadiah nobel sastra. lebih lanjut silah kunjung http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/02/karya-karya-terjemahan-pemenang-nobel.html

    semoga info ini berguna.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: