Perang buku

Perang harga sedang berkecamuk antara toko buku online terkemuka dengan penerbit besar dan para pengarang yang terperangkap di tengahnya mengalami kerugian royalti. Pertikaian ini, berlangsung antara Amazon, perusahaan online terkemuka yang berpusat di Seattle, Amerika,  dengan kelompok Hachette, penerbit terbesar di Inggris,  mengenai syarat-syarat dan potongan harga. Sebagai buntutnya Amazon menolak untuk menjual buku-buku Hachette.

Pengarang-pengarang terlaku Hachette yang kena imbas sanksi Amazon antara lain Stephen King dan James Patterson. Buku-buku Hachette masih termuat dalam daftar di situs web Amazon, tapi khalayak ramai dicegah untuk membelinya dengan meniadakan tombol “buy new” untuk buku-buku tersebut.  Buku Stephen King “Duma Key”, demikian juga  “The 6th Target” karangan Patterson turut menjadi korban karena hanya buku-buku bekasnya yang ditawarkan untuk dijual.

Sebetulnya  saat ini harga beli buku yang berlaku antara Amazon dengan penerbit-penerbitnya adalah setengah dari harga sampul. Amazon masih menginginkan potongan yang lebih besar. Sedangkan Hachette berpendapat bahwa potongan harga yang diberikan perusahaan ini kepada penjual-penjual buku terkemuka sudah besar sekali. Oleh karenanya perusahaan ini tidak dapat memikul  potongan lebih lanjut.

Sumber: www.booktrade.info, www.iconocast.com, www.thebookseller.co.uk, www.bookninja.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: