Contoh surat gugatan

Jakarta …Juli 2007

Kepada

Yth. Ketua Pengadilan Negeri Jakarta…

di Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini

Anu,  SH, pengacara, berkantor di Jalan… nomor… Jakarta…, berdasarkan surat kuasa tanggal…, …, 2008

(terlampir) bertindak untuk dan atas nama…, bertempat tinggal di Jalan…nomor… Jakarta… selanjutnya disebut sebagai Penggugat, dengan ini mengajukan gugatan terhadap…selanjutnya disebut sebagai Tergugat.

Gugatan mana duduk perkaranya adalah sebagai berikut:

- Bahwa berdasarkan perjanjian sewa menyewa  tanggal …, Tergugat menyewa dari Penggugat sebuah rumah terletak di Jalan…, nomor… Jakarta… selama 3 tahun terhitung sejak tanggal… sampai tanggal… dengan harga sewa sebesar Rp 45.000.000,-

-Bahwa sejak berakhirnya sewa menyewa hingga sekarang Tergugat masih menempati rumah tersebut walaupun Penggugat telah berulang-ulang meminta Tergugat untuk secara suka rela  mengosongkan dan menyerahkan rumah tersebut kepada Penggugat. Namun Tergugat tidak menghiraukannya dan selalu menyampaikan berbagai alasan untuk menunda pengosongan rumah Penggugat. Dengan demikian tidak ada jalan lain yang dapat ditempuh Penggugat selain menyelesaikan masalah tersebut melalui pengadilan.

-Bahwa dengan demikian Tergugat telah wanprestasi, karena itu Penggugat menuntut agar pengadilan menyatakan putus hubungan sewa menyewa antara Penggugat dengan Tergugat atas rumah tersebut dan menghukum Tergugat atau orang lain yang memperoleh hak darinya untuk menyerahkan rumah tersebut kepada Penggugat dalam keadaan kosong.

-Bahwa akibat wanprestasi tersebut Penggugat mengalami kerugian materiil berupa kehilangan kesempatan untuk menyewakan kembali rumah tersebut kepada orang lain dengan harga sewa paling sedikit Rp 1.500.000,- setiap bulan. Oleh karena itu Penggugat menuntut ganti rugi kepada Tergugat sebesar Rp.1.500.000,- setiap bulan  sejak tanggal… sampai dengan dilaksanakannya putusan ini.

-Bahwa untuk menjamin terpenuhinya tuntutan Penggugat tersebut, Penggugat dengan ini mohon agar diletakkan sita jaminan (conservatoir beslag)  terhadap barang-brang milik Tergugat baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, baik yang ada pada Tergugat maupun yang ada pada pihak ketiga.

-Bahwa untuk menjamin dipatuhinya putusan ini nanti oleh Tergugat, maka Penggugat mohon agar Tergugat dihukum membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp 50.000.000,- untuk setiap hari dia lalai memenuhi isi putusan.

- Bahwa mengingat gugatan Penggugat ini cukup beralasan dan dikuatkan pula dengan alat-alat bukti yang syah maka Penggugat mohon agar putusan ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu walaupun Tergugat melakukan verzet, banding atau kasasi.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut di atas,  Penggugat mohon agar Majelis Hakim yang memeriksa perkara ini berkenan:

a.  Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya.

b.  Menyatakan sah dan berharga sita jaminan (conservatoir beslag) terhadap barang-barang milik Tergugat.

c. Menyatakan perbuatan Tergugat adalah wanprestasi dan dengan demikian putus hubungan sewa menyewa antara Penggugat dengan Tergugat

d. Menghukum Tergugat untuk:

- menyerahkan rumah tersebut kepada Penggugat dalam keadaan kosong

- mengganti rugi sebesar Rp… kepada Penggugat

-membayar uang paksa sebesar Rp… untuk setiap hari terlambat melaksanakan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap

- menyatakan putusan dapat dilaksanakan lebih dahulu walaupun ada perlawanan, banding maupun kasasi.

- menghukum tergugat membayar biaya perkara

Subsider:

Seandainya Majelis Hakim berpendapat lain mohon putusan yang seadil-adilnya (ex aequo pro bono)

Hormat kuasa Penggugat

             Anu SH

4 Tanggapan to “Contoh surat gugatan”

  1. Marhaen Susanto, SH Says:

    Terima kasih……

  2. Subari Says:

    Tq atas cthnya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: